Rabu, 24 September 2014

Bukti Nyata akan Adanya Kehidupan setelah Kematian

Sebagian manusia ada yang tidak percaya sesuatu kecuali jika ia bisa melihat sendiri buktinya, sehingga bukti2 nyata dihadirkan Al Quran di dunia ini:

1. Hari Kebangkitan. Di mana terdapat kehidupan setelah kematian. QS Al Baqoroh 259: Allah hadirkan contoh orang yg sempat mati kemudian Alloh hidupkan lagi di dunia.
QS Al Baqoroh 260: Nabi Ibrahim as meminta bukti kepada Alloh bagaimana Alloh membangkitkan orang yg mati, Nabi Ibrahim mengatakan "aku percaya, tapi agar hatiku tenang (mantap)".
Ini untuk menambahkan keyakinan bahwa Allah lah yang menghidupkan orang yg telah mati.

2. Bukti yang berupa penciptaan pertama. Kalau Allah SWT menciptakan manusia yang semula tidak ada, kemudian menjadi ada, tentunya sangat mudah bagi Alloh menghidupkan kembali manusia (yang semula memang sudah ada) kemudian mati dan kemudian dihidupkan kembali.
Meski bagi Alloh itu semua mudah2 saja, tapi Al Quran menjadikan manusia sebagai teman dialog untuk memahami hal ini maka penciptaan yang semula tidak ada kemudian menjadi ada ini dijadikan bukti nyata ttg adanya kehidupan setelah kematian.

3. Menciptakan Langit dan Bumi. Dan tidakkah Alloh yang menciptakan Langit dan Bumi, Alloh mampu menghidupkan kembali manusia (QS Al Isra 98-99; QS Yasin 81)
Kalau menciptakan langit dan bumi saja Alloh mampu, apalagi membangkitkan kembali manusia yang sudah pernah ada di bumi.

4. Memperlihatkan kepada manusia, bagaimana Alloh menghidupkan bumi/tanah.
QS Ar Rum 50: maka lihatlah kpd bekas2 tanda Alloh yg jelas bagaimana Alloh menghidupkan pohon2 di bumi ini, maka Alloh menghidupkan orang2 yg sudah mati.
Dengan turunnya air hujan, tanah yang semula kering tidak ada kehidupan, kemudian tumbuh kehidupan, ini adalah tanda2 yg dekat dengan manusia di dunia ini tentang kebangkitan manusia setelah kematian nanti.

5. Bukti yang berkaitan dengan keadaan tumbuhan
QS Yasin:78-80 pohon yg hijau itu bisa mengeluarkan sinar (korek api), itu jg bukti bahwa Alloh mampu menghidupkan manusia.
Imam Asy Syaukani mengatakan ini cara Alloh menjawab org2 yg Kufur thd ayat2 Alloh, tidakkah kamu melihat, bagaimana Alloh menciptakan pohon yg hijau tapi kemudian bisa mengeluarkan api yg membakar.

6. Bukti tentang keadaan hewan. Alloh selalu menghadirkan bukti dengan keadaan2 yg dekat dengan manusia, seperti hewan2. Hewan apa saja, unta, burung, nyamuk, semuanya disebutkan di Al Quran sebagai contoh2 bagi orang2 yg berpikir tentang bukti2 kekuasaan Alloh.
Sangat mudah bagi Alloh menciptakan itu semua. Itu semua bukti nyata kehidupan setelah kematian. Sangat mudah dipahami bagi orang2 yang berakal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar