Selasa, 23 Desember 2014

Model Kehidupan Orang Munafik di Kehidupan Dunia

Orang2 munafik adalah musuh yang sebenarnya, walau sebenarnya misterius karena bersembunyi. Lebih berbahaya dari orang2 kafir, yang nampak secara dzhohir.

Model2 bentuk sifat2 kehidupan orang munafik di dunia ini, agar memahami dan mewaspadai musuh yang tidak nampak itu. Di antaranya adalah:

1. Mengaku beriman

Mereka mengaku orang beriman tapi pengakuannya ditolak oleh Allah.

QS Al Baqarah 8: Di antara manusia ada yang berkata, "Kami beriman kepada Allah dan hari akhir," padahal mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman

Seorang mufassir, Mujahid, mangatakan, ayat 8 sampai ayat ke-16, seluruhnya ada 13 ayat, menjelaskan tentang sifat orang2 munafik.

Ayat ini orang2 munafik mengaku beriman, dan di ayat ini pula Allah menolak, meniadakan pengakuan itu.

Ini adalah sebuah prinsip dalam kehidupan. Ilmu pengetahuan tentang prinsip kehidupan. Bahwa kita harus percaya pada Allah SWT. Beriman pada nama2 Allah, perbuatan2 Allah.

Beriman pada hari Akhir, ilmu tentang hari akhir, dibangkitkannya umat manusia dari kubur, dikumpulkan di padang mahsyar, lalu jembatan ash shirot, lalu dihisab, lalu diberikan catatan buku amal.

Orang munafik mengaku mengimani itu semua, tapi pengakuan itu ditolak oleh Allah.

Walau pun ayat ini diturunkan di Madinah, setelah Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah, tapi fenomena seperti ini bukan hanya terjadi di Madinah saja, tapi terjadi di sepanjang masa. Waspadalah karena mereka mengaku beriman, tapi sesungguhnya mereka tidak beriman, sebatas pengakuan saja.

QS Al Baqarah 14: Apabila mereke bertemu dengan orang2 beriman, mereka berkata, kami beriman, tapi ketika mereka bertemu dengan penggede2 mereka, sebenarnya kami tidak beriman, kami hanya mengejek saja.

QS Al Baqarah 76: Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata: "Kamipun telah beriman," tetapi apabila mereka berada sesama mereka saja, lalu mereka berkata: "Apakah kamu menceritakan kepada mereka (orang-orang mukmin) apa yang telah diterangkan Allah kepadamu, supaya dengan demikian mereka dapat mengalahkan hujjahmu di hadapan Tuhanmu; tidakkah kamu mengerti?"

QS Al Baqarah 77: Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan? Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan?

Bagaimana orang2 munafik itu benar2 guncang, tidak menentu kehidupannya. Bertemu orang2 beriman, ia mengatakan beriman, dan bertemu orang2 munafik, dia berubah lagi. Mengaku beriman padahal sebenarnya tidak, itu adalah model kehidupan orang munafik.

Sumpah yang Dusta

Orang munafik untuk meyakinkan bahwa mereka itu benar, maka mereka tidak segan2 memperkuatnya dengan sumpah, bahwa mereka seolah2 beriman. Karena itu jauhi sering2 bersumpah.

Kaum muslimin jangan mudah tergoda oleh sumpah palsunya, meskipun seolah2 ungkapan mereka itu madu yang manis. Orang munafik itu pandai berkomunikasi. Kalau tidak punya imunitas keimanan, bisa tertarik denganh analisa2 orang munafik. Karena mereka bisa mendatangkan kebohongan2.

QS An Nisa 62-63: Maka bagaimana halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa suatu musibah disebabkan perbuatan tangannya sendiri, kemudian mereka datang kepadamu (Muhammad) sambil bersumpah, "Demi Allah, kami sekali-kali tidak menghendaki selain kebaikan dan kedamaian". Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang ada di dalam hatinya. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka nasehat, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang membekas pada jiwanya.

Allah mencela perilaku orang2 munafik yang melakukan dengan sumpah2 yang bohong. Mereka mengatakan, “Demi Allah kami menghendaki kecuali kebaikan.”

Di dalam model kehidupannya, tidak tanggung2 untuk meyakinkan orang2 bahwa dia beriman, mereka mendatangkan alasan2 dengan Bahasa agama. Mereka mengatakan, “kami mendatangi orang kafir itu sekedar untuk pergaulan saja. Kami sebenarnya menginginkan ihsan dan tauifq.! Mereka menggunakan Bahasa Agama:  ihsan dan taufiq.

Allah mengetahui bahwa mereka orang munafik, dan Allah tunjukkan siapa mereka sebagai tanda sayang Allah kepada orang2 beriman. Allah perintahkan orang beriman untuk

QS Al Maaidah 52: Maka kamu akan melihat orang-orang yang hatinya berpenyakit segera mendekati mereka (Yahudi dan Nasrani), seraya berkata, "Kami takut akan mendapat bencana." Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya, sehingga mereka menjadi menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka

Ini adalah ancaman sangat dahsyat dari Allah atas sumpah orang2 munafik yang bohong. Karena hidup orang2 munafik itu isinya dusta dan dusta. Mungkin mereka mengira dengan berbohong itu mereka akan berhasil, beruntung.

Orang2 yang tidak memahami ttg sifat2 orang munafik ini, akan mudah tertipu. Tapi orang2 beriman yang rajin membaca Al Quran, isnya Allah tidak akan tertipu oleh orang2 munafik.

QS At Taubah 42: Kalau yang kamu serukan kepada mereka itu keuntungan yang mudah diperoleh dan perjalanan yang tidak seberapa jauh, pastilah mereka mengikutimu, tetapi tempat yang dituju itu amat jauh terasa oleh mereka. Mereka akan bersumpah dengan (nama) Allah: "Jikalau kami sanggup tentulah kami berangkat bersama-samamu". Mereka membinasakan diri mereka sendiri dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta

Mereka memilih tinggal di rumah, tidak ikut berperang dengan segudang alasan.

Allah mencela dengan sebenar2 cela kepada orang2 munafik yang meninggalkan jihad, demi hawa nafsu. Kalau jihad itu mudah, pasti menang, jalannya pendek, maka mereka mengikuti kamu. Tapi ketika perjuangan itu panjang, maka mereka mengeluarkan alasan2. Allah Maha Tahu bahwa mereka orang2 yang bohong. Mereka mengira bahwa dengan meningalkan jihad itu mereka pastiu beruntung. Padahal di dunia mereka hina karena meninggalkan panggilan jihad perintah Allah, dan di akhirat lebih hina lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar